Analisis Traffik Jaringan Menggunakan IPTraf di Linux

Ok selamat sore nih sobat-sobat semua, apa kabar?

Admin harap sih pada bik-baik aja tanpa ada cedera serius yah, heee 😄

Ok langsung aja pada artikel kali ini admin akan membahas tentang “Analisis Traffik Jaringan Menggunakan IPTraf di Linux”. Wis serem yah namanya, padahal gak seserem itu loh guys kalau udah praktik secara langsung, untuk membuktikannya lets check it out.

Pertama untuk melakukan praktik ini pastikan dulu kalian terhubung ke jaringan internet, setelah itu kita bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini :

1.      bukalah aplikasi terminal di Linux, kemudian root dengan mengetikkan “Sudi Su” atau “Su” (sesuai distro linux yang digunakan). Misalkan, jika kita menggunakan distro Linux :

·         IGOS Nusantara,

·         Fedora,

·         CentOS,

·         Clear OS dan turunannya,

Gunakan perintah “Su”. Sedangkan jika kita menggunakan :

·         Debian,

·         Ubuntu dan turunannya, gunakan perintah “Sudo”.

perubahan tanda $ menjadi # menyatakan bahwa terminal kawan-kawan telah menjadi root.

2.      Lakukan instalasi aplikasi open source IPTraf ataupun IPTraf-NG melalui terminal Linux. Gunakan perintah apt-get install iptraf. Bisa diganti dengan yum install, zypper install, sesuai distro Linux yang digunakan.

3.      Jalankan aplikasi IPTraf melalui terminal (sebagai root) dengan mengetikkan “iptraf”. Jika  sudah menjalankan perintah untuk memanggil IPTraf, seharusnya akan disajikan tampilan awal berupa informasi mengenai aplikasi IPTraf beserta dengan versi, pengembang dan lainnya. Lalu setelah itu kita tekan tombol Enter untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4.      Langkah selanjutkan yaitu memilih salah satu dari beberapa opsi yang ditawarkan IPTraf. salah satunya adalah opsi IP Traffic Monitor.

5.      Lalu tekan tombol Enter untuk memilih opsi ini, kemudian pilih sub-opsi All interface untuk monitoring trafik  semua interface pada jaringan komputer yang digunakan.

6.      Kemudian IPTraf akan segera menampilkan informasi trafik di jaringan yang digunakan.

7.      Setelah selesai pengamatan kita bisa tekan kombinasi tombol Ctrl X untuk menghentikan proses monitoring. Kemudian pilih sub opsi untuk Wlan (wireless) melalui opsi IP Traffic Monitoring –> Wlano.

8.      tekan kembali Ctrl X, kemudian pilih opsi General Interface Statistic untuk melihat statistik umum dari semua interface yang ada di dalam jaringan komputer yang digunakan. interface dalam hal ini meliputi wlano, lo dan eth0.

 

References :

 

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Bandung : Informatika.

 

 

Posting Komentar

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Indra Yohana Published.. Blogger Templates
Back To Top