Wireless Sensor Network (WSN)


Wireless Sensor Network (WSN)



o   Wireless Sensor Network (WSN) didefinisikan sebagai salah satu jenis dari jaringan wireless (nirkabel) terdistribusi, yang memanfaatkan teknologi Embedded System (system benam) dan seperangkat node sensor, untuk melakukan proses sensor, monitoring, pengiriman data, dan penyajian informasi ke pengguna, melalui komunikasi di internet.
o   Enam komponen Utama Node Sensor pada WSN.
Sebuah node sensor memiliki enam buah komponen utama untuk dapat menjalankanfungsinya dengan baik. Keenam buah komponen tersebut beserta dengan fungsinya masing-masing, antara lain sebagai berikut.
1.     Sensor
Sensor merupakan perngkat elektronik yang bertugas untuk melakukan pemindaian pada sebuah lingkungan ataupun objek fisik, untuk kemudian menghasilkan data-data hasil pemindaian (sebagai sebuah hasil pengukuran), yang dapat diolah menjadi informasi.
2.     Transceiver
Transceiver merupakankomponen elektronik yang memadukan komponen Transmitter dan Receiver, untuk dapat melakukan fungsi transmisi dan penerimaan sinyal.
3.     External Memory
External Memory merupakan memori luar (tambahan) yang diperlukan oleh node sensor maupun system pada WSN secara keseluruhan, untuk penyimpanan data-data hasil pemindaian (User Memory) maupun penyimpanan proses dan eksekusi oleh program (aplikasi) dan system operasi (Program Memory).
4.     Controller
Controller merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk melakukan pemrosesan data, control kendali terhadap fungsi dari komponen lainnya pada node sensor, serta menampilkan tugas-tugas yang dikerjakan oleh komponenlainnya pada node sensor dan node sensor itu sendiri.
5.     Power Source
Power Source merupakan sumber energi listrik tambahan bagi node-node sensor pada WSN, agar dapat tetap beroperasi dengan baik. 

6.     Analog to Digital Converter (ADC) 
Analog to Digital Converter (ADC) merupakan papan elektronik yang berfungsi untuk mengubah (Convert) sinyal analog ke dalam bentuk sinyal digital.
o   Enam Buah Ciri dari Wireless Sensor Network (WSN)
1.     Terdiri atas minimal dua buah node sensor.
2.     Self Organizing Network (SON).
3.     Self Network Maintenance (SNM).
4.     Pengiriman paket data bersifat broadcast.
5.     Menggunakan multi Hop Routing.
6.     Komunikasi dilakukan dalam jarak yang relative pendek.
o   Tiga Node Utama pada WSN
Sebuah system pada Wireless Sensor Network (WSN) secara umum terdiri atas tiga node utama. Ketiga node utama pada Wireless Sensor Network (WSN) terdiri atas Node Sensor, Node Gateway, dan Node Router.
1.     Node Sensor berfungsi sebagai node yang melakukan proses sensor terhadap lingkungan di mana Wireless Sensor Network (WSN) diimplementasukan, untuk memperoleh sejumlah data, yang kemudian dikirimkan ke server secara online melalui internet.
2.     Node Router
Node Sensor bertindak sebagai Router yang bertugas untuk menentukan rute untuk pengiriman alamat dari sumber dari (pengirim) ke alamat tujuan (penerima).
3.     Node Gateway (Sink Node)
Di dalam jaringan komputer, Gateway diibaratkan sebagai pintu keluar masuknya paket data (baik dalam bentuk pesan, dokumen, dan file digital lainnya) dari komputer asal ke komputer tujuan maupun sebaliknya. Node Gateway disebut juga dengan Sink Node. Node Gateway menjadi node yang bertindak sebagai pintu gerbang keluar masuk (Gateway) paket data yang dikirimkan oleh node sensor dan diterima oleh komputer pusat data (Server).
o   Empat Konsep Implementasi WSN
Di dalam proses implementasi Wireless Sensor Network (WSN), terdapat empat buah konsep yang digunakan. Keempat konsep ini muncul sebagai bentuk penyesuaian, konfigurasi, modifikasi, dan integrase dengan teknologi lainnya, sesuai dengan kebutuhan. Keempat buah konsep implementasi WSN tersebut meliputi Distributed Sensor Network (DSN), Wireless Body Area Network (WBAN), Sensor Based On Web, dan Sensor Grid.
o   Hardware Open Source untuk Implementasi WSN
Di dalam ranah dunia Open Source, terdapat perangkat keras (Hardware) Open Source yang dapat digunakan untuk implementasi Wireless Sensor Network (WSN). Keterbukaan yang diberikan di dalam Open Source Hardware ini antara lain adalah desai dan pengembangan di dalamnya. Open Source Hardware umum disingkat dengan Open Hardware. Open Hardware untuk implementasi Wireless Sensor Network (WSN) meliputi SeeMote, ETag2, Interfacing X10 Motion Sensor, Asia RF Tiny Computer Embedded Linux System atau Tiny Wifi, ETag, dan Rasberry Pi CC 2522.
o   Software Open Source untuk Simulasi dan Implementasi WSN
Dunia perangkat lunak Open Source dan Freedom Software (FOSS) menyediakan sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan implementasi Wireless Sensor Network (WSN) ke dalam node sensor ataupun komputer server, hingga simulasinya ke dalam sebuah komputer saja. Tiga buah aplikasi Open Source yang disajikan dibawa ini, terbundel ke dalam system operasi linux, dengan kelengkapan aplikasi-aplikasi pendukungnya. Meliputi Tiny OS, Contiki OS, dan LioWSN.

Referensi : 
  • Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. Wireless Sensor Network. Informatika : Bandung

Posting Komentar

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Indra Yohana Published.. Blogger Templates
Back To Top