Over The Top


OTT(Over TheTop)

merupakan teknologi informasi dibidang pendekatan dan pemodelan (implemtasinya berbentuk aplikasi dan layanan aplikasi) untuk video dan audio streaming, messaging dan berbasis mobile. Layanan Over-The-Top (disingkat OTT) menyediakan layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet.
OTT  yang memungkinkan layanan/konten yang dihantarkan memberikan kualitas tinggi dan bisa di nikmati melalui berbagai jenis perangkat telekomunikasi dan disampaikan melalui jaringan operator, tetapi secara langsung tanpa melibatkan operator.
Beberapa  contoh layanan OTT yang banyak kita tahu adalah Google, Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube dan iTune.
Sebagian besar dari kita telah menggunakan layanan OTT tanpa benar-benar menyadari. Sederhananya, OTT mengacu pada layanan yang digunakan selama tersedia layanan jaringan penyedia layanan.
Berikut adalah contoh untuk lebih memahami konsep layanan OTT.
Anda memiliki koneksi data 3G dengan operator seluler, dari mana Anda telah membeli smartphone dan  Anda memiliki panggilan GSM dan layanan SMS. Kemudian, Anda menggunakan Skype atau layanan VoIP lain untuk membuat panggilan suara lebih murah dan gratis dan SMS menggunakan jaringan 3G.  Skype sini disebut sebagai layanan OTT.
terdapat 3 kategori Aplikasi atau Layanan OTT, yaitu : (3)
  1. Social Network dan social Media (Facebook, Twitter, G+, Youtube, dsb)
Aplikasi dan layanan berbasis OTT dengan kategori Social Network dan Social Media menenkankan pada layanan jaring social dan media sosial.Dengan menggunakan aplikasi ini para pengguna dapat saling berinterkasi, berdiskusi, berbagi data, informasi dan file di dalamnya.Perbedaan social media dan social network yitu social network lebih mengacu pada media yang disediakan penyedia layanandengan memanfaatkan jaringan computer dan berbasiskan OTT sedangkan social network yaitu suatu bentuk hubungan yang muncul karena adanya interaksi satu sama lain.
  1. Messaging atau Pesan Instan (Line, WhatApp, WeChat, dsb)
Kategori aplikasi yang menekankan pada layanan kirim dan terima pesan secara cepat(instant messaging). Adanya aplikasi ini menjadikan kemudahan dalam berkomunikasi baik dua arah maupun secara missal bukan hanya dalam bentuk teks namun berkembang menjadi video seiring kemajuan teknologi dan dukungan internet yang memadai.
  1. Streaming Audio Video (Youtube, dsb)
Kategori layanan dan aplikasi berbasis OTT untuk kategori streaming video dan audio menekankan kepada jenis layanan streaming file multimedia audio dan video secara online kepada pengguna.Salah satu contoh pemberi layanan ini adalahYoutube.
References :

Posting Komentar

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Indra Yohana Published.. Blogger Templates
Back To Top